Bahaya/Mitos Tentang Madu


Bahaya Mengkonsumsi MADU

23-04-2013 17:51

 

Karena kehadiran alami endospora botulinum dalam madu, anak di bawah usia satu tahun tidak boleh diberi madu. Sistem pencernaan anak remaja dan orang dewasa yang semakin berkembang umumnya menghancurkan spora. Tetapi bayi dapat terjangkit botulisme dari madu.

Madu yang dihasilkan dari bunga oleander, rhododendron, laurel gunung, laurel domba, dan azalea dapat menyebabkan keracunan madu. Gejala yang muncul termasuk pusing, lemah, keringat yang berlebihan, mual, dan muntah. Yang kurang umum seperti, tekanan darah rendah, syok, penyimpangan irama jantung, dan kejang-kejang dapat terjadi, dengan beberapa kasus yang jarang dapat mengakibatkan kematian.

Madu beracun juga dapat berasal ketika lebah bersarang di sekitar Semak Tutu (Coriaria arborea) yang berada di Selandia Baru. Hanya beberapa daerah di Selandia Baru (Semenanjung Coromandel, Eastern Bay of Plenty dan Marlborough Suara) yang sering menghasilkan madu beracun. Gejala keracunan Tutin meliputi muntah, delirium, pusing, rangsangan meningkat, pingsan, koma, dan kejang-kejang.

SUMBER : http://www.kaskus.co.id/thread/517667c57c1243e01400000b/ini-dia-gan-bahaya-mengkonsumsi-madu

Bahaya Madu untuk Bayi Kurang dari Setahun

Seperti dikutip dari laman Live Strong, madu murni berpotensi memicu reaksi alergi atau keracunan makanan seperti, kram perut, diare, mual, muntah dan demam.

Madu murni tidak melewati tahap pasteurisasi sehingga spora dan serbuk sari berpotensi tumbuh di dalamnya. Seperti kita tahu, madu merupakan zat manis pekat yang diproduksi lebah, salah satu jenis serangga pemakan nektar bunga dan serbuk sari.

Chris Wagner dari Dallas Children’s Medical Center, menceritakan pengalamannya merawat pasien yang keracunan madu murni. Alergi terburuk yang berpotensi muncul adalah sesak napas, tekanan darah rendah, pusing, pingsan, hingga gagal jantung. “Karena Anda tidak bisa mengendalikan berapa banyak tepung sari dalam madu murni yang Anda makan,” katanya.

Anak usia di bawah satu tahun juga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi madu, apalagi madu murni, karena efek alergi bisa lebih serius.

National Institutes of Health merekomendasikan agar mengonsumsi madu yang telah dipasteurisasi untuk mencegah efek buruk. Anak usia di bawah satu tahun juga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi madu, apalagi madu murni, karena efek alergi bisa lebih serius.

Berdasarkan peringatan dari Food Standards Agency (FSA), madu mengandung spora botulisme yang bisa menyebabkan penyakit serius bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan. Anak-anak di bawah usia satu tahun tidak memiliki kemampuan untuk melawannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Iklan

Tentang MOH KUSNARTO

Pendidikan S-1 sejarah UNESA SMA Negeri 1 Sampang SMP Negeri 1 Sampang SD Negeri Gunung Sekar 1 Sampang TK Brawijaya (804) Lahir : Sampang, 08-12-1976 Unit Tugas : SMA Negeri 1 Torjun
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.