Kasus Lapas di Cebongan-Djogjakarta


Danjen Kopassus: Saya Orang Terdepan yang Bertanggung Jawab

 Jumat, 05 April 2013 | 10:34
Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo (kiri)
Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo (kiri) (sumber: ANTARA FOTO)

Jakarta – Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayjen TNI Agus Sutomo menyatakan bertanggung jawab atas tindakan 11 anggota grup II Kartasura yang menyerang Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan di Yogyakarta, Sabtu (23/3) lalu, yang mengakibatkan tewasnya empat orang tahanan.

“Itu semua bawahan dari organisasi saya. Saya yang paling bertanggung jawab. Saya orang terdepan yang bertanggung jawab,” kata Agus saat mengikuti kegiatan bersih-bersih Kali Ciliwung di Lapangan Tembak Rama Shinta, Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (5/4).

Agus mengakui tindakan 11 anggota Kopassus itu bentuk pemahaman jiwa korsa (korps satuan, Red) yang keliru membela kehormatan dan harga diri kesatuan. Tindakan ini, menurut dia, merupakan reaksi setelah mendengar Serka Heru Santoso dibunuh secara keji dan sadis oleh sekelompok preman.

“Besoknya, teman seangkatannya lagi, hampir mati juga. Itulah yang membuat prajurit rasa kehormatannya melakukan itu. Tapi itu sebetulnya salah. Prajurit harus disiplin. Jadi seperti yang disampaikan pimpinan, prajurit berprestasi kita beri penghargaan, prajurit salah kita beri sanksi, walaupun secara kesatria dan jujur demi kehormatan kesatuan,” katanya.

Agus menyatakan, sanksi yang akan diberikan kepada anggota yang terlibat akan diproses oleh sebuah tim. Namun, mengenai peradilan militer atau umum, Agus menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan.
“Sanksi ini semua ada prosedurnya. 11 orang ini anak buah saya dan saya komandannya,” katanya.

Penulis: F-5/WBP

Sumber:Suara Pembaruan

Iklan

Tentang MOH KUSNARTO

Pendidikan S-1 sejarah UNESA SMA Negeri 1 Sampang SMP Negeri 1 Sampang SD Negeri Gunung Sekar 1 Sampang TK Brawijaya (804) Lahir : Sampang, 08-12-1976 Unit Tugas : SMA Negeri 1 Torjun
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.