AHMADIYAH : TNI DETEKSI KERUSUHAN


TNI Bisa Dilibatkan untuk Deteksi Dini Kerusuhan

Jum’at, 11 Februari 2011 – 08:20 wib
Tri Kurniawan – Okezone
undefined

Ilustrasi (Foto: Reuters)
JAKARTA – Banyak pihak yang menuding bentrokan yang terjadi di Cikeusik dan Temanggung, beberapa waktu lalu terjadi karena aparat kepolisian lamban dalam menangani kerusuhan.

Jika memang polisi menemui kendala untuk bisa menangani massa, maka sebaiknya bisa bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Kalau memang Polri memiliki keterbatasan untuk melakukan deteksi dan cegah dini, saya pikir TNI bisa dilibatkan,” kata Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Ramadhan Pohan kepada okezone, Jumat (11/2/2011).

Menurutnya, hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI yang memberikan amanat bagi TNI untuk membantu Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Yang terpenting, jangan sampai terjadi tindakan kekerasan sosial yang dilakukan oleh kelompok tertentu yang tidak memiliki mandat untuk itu hanya negara yang berwenang untuk memonopoli sarana paksaan dan kekerasan,” tandasnya.

Hanya saja, tambahnya, perbantuan TNI kepada Polri jangan ditafsirkan sebagai bentuk mengembalikan fungsi sosial politik TNI tapi, harus dipahami dalam konteks tugas perbantuan.

“Tugas TNI untuk membantu Polri bukan untuk mengembalikan fungsi sosial politik TNI seperti masa lalu, tapi harus dilihat dalam konteks melindungi warga negara, ini pun harus dilakukan secara benar dalam situasi tertib sipil, komando, dan kendali utama di lapangan tetap di tangan Polri,” kata Ramadhan.

Selain itu, Ramadhan juga mengimbau agar pemerintah daerah lebih proaktif berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk menciptakan keamanan di wilayahnya.
(lam)

 

Iklan

Tentang MOH KUSNARTO

Pendidikan S-1 sejarah UNESA SMA Negeri 1 Sampang SMP Negeri 1 Sampang SD Negeri Gunung Sekar 1 Sampang TK Brawijaya (804) Lahir : Sampang, 08-12-1976 Unit Tugas : SMA Negeri Torjun Jabatan : Guru Sosiologi Alamat : Perum Permata Selong Blok E/28 Sampang
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.