KEKERASAN BERBAU SARA


Marak Kekerasan Berbau SARA, SBY Didesak Ganti Menteri Agama

Jakarta – Kekerasan yang mengatasnamakan agama lagi-lagi pecah di Indonesia. Dua insiden terakhir yaitu penyerangan terhadap jemaat Ahmadiyah Cikeusik dan gereja di Temanggung diduga saling terkait dan teroganisir.

Insiden ini tidak lepas dari tanggung jawab Presiden SBY sebagai kepala negera. Sebagai bentuk tanggung jawabnya, Presiden diminta mengganti Menteri Agama Suryadharma Ali yang dianggap gagal menciptakan keharmonisan antar umat beragama.

“Maraknya kekerasan berbasis agama adalah indikator kegagalan menciptakan dan menjaga iklim toleransi yang menjadi tugas pemerintah,” kata Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Erna Ratnaningsih dalam rilisnya yang diterima detikcom, Rabu (9/2/2011).

Bagi YLBHI, tindakan main hakim sendiri ini jelas mengebiri hak asasi manusia (HAM). Hukum dianggap telah mati dan tidak berfungsi terhadap para pelaku kekerasan yang berdalih agama.

“Kejadian seperti ini sudah sejak tahun 2001, aksi kekerasa massa seakan memiliki impunitas terhadap hukum ini telah mengebiri HAM, yaitu hak untuk hidup, hak untuk berdiam diri di suatu tempat dengan aman,” ujarnya.

Insiden ini jelas merendahkan harkat dan martabat kemanusiaan seseorang. Berkaca dari peristiwa itu, tidak hanya Menag yang harus dicopot dari jabatannya, aparat penegak hukum juga tidak bisa lagi menganggap ini persoalan sepele.

“Kami mendesak kepada Polri untuk melakukan pengamanan secara maksimal  terhadap daerah rawan kekerasan berbasis agama seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Kekerasan seperti ini harus segera diusut tuntas. Polri diharapkan tidak tebang pilih menindak pelaku tanpa memandang asalnya.

“Polri juga harus mengusut tuntas peristiwa ini. Tangkap dan proses secara hukum para pelakunya secara dengan transparan dan adil tanpa pandang bulu dan kelompok,” tandasnya.

(lia/van)

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2011/02/09/061251/1564314/10/marak-kekerasan-berbau-sara-sby-didesak-ganti-menteri-agama

Perusuh Diangkut Truk dari Luar Temanggung » Massa perusuh di sidang penistaan agama di Temanggung

Selasa, 8 Februari 2011, Kerusuhan di Temanggung, Jawa Tengah, menyebabkan setidaknya tiga gereja dibakar dan dirusak massa. Amuk massa ini terkait sidang penistaan agama dengan terdakwa Anthonius Richmond Bawengan. Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menyatakan heran dengan kerusuhan ini karena selama ini tidak pernah ada konflik agama di Temanggung. Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Agama dan Kepercayaan […]

Filed under: religion, dialog agama, kerukunan umat beragama, berita, Katolik, Islam/ Moslem, agama, opini, Indonesia, protestan, negara, hak asasi manusia, tempat ibadat, gereja katolik indonesia, Bhinneka tunggal Ika, pancasila, islam politik, reformasi, kerusuhan, anarkisme, konflik, kristen, susilo bambang yudhoyono, Wahid Institute, islam moderat, departemen agama, keadilan, Menteri Agama, pemilu 2014, keuskupan semarang | Ditandai: , , , , , , | Leave a Comment »

LINK : https://pormadi.wordpress.com/tag/kerusuhan-sara/

Iklan

Tentang MOH KUSNARTO

Pendidikan S-1 sejarah UNESA SMA Negeri 1 Sampang SMP Negeri 1 Sampang SD Negeri Gunung Sekar 1 Sampang TK Brawijaya (804) Lahir : Sampang, 08-12-1976 Unit Tugas : SMA Negeri 1 Torjun
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.