SOAL SOSIOLOGI XI SEMESTER GENAP 2011


PEMERINTAH KABUPATEN SAMPANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI I TORJUN
Jl. Raya Torjun Telp. (0323) 321744 Kab. Sampang

ULANGAN  SEMESTER GENAP
Mata Pelajaran : sosiologi
Hari / Tanggal :
Kelas / Semester : XI / Genap

1. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk atau multikultural. Kemajemukan masyarakat Indonesia ditandai dengan ….
a. besarnya jumlah penduduk Indonesia
b. strategisnya letak wilayah Indonesia
c. luasnya wilayah negara Indonesia
d. tingginya angka kematian dan kelahiran
e. banyaknya suku, agama, dan budaya
2. Di bawah ini adalah ciri-ciri masyarakat majemuk, kecuali….
a. mengalami segmentasi ke dalam kelompok-kelompok
b. kurang mengembangkan konsensus
c. tidak ada dominasi politik oleh suatu kelompok
d. sering mengalami konflik
e. integrasi sosial tumbuh di atas paksaan
3. Masyarakat majemuk yang terdiri atas sejumlah kelompok etnis yang yang salah satunya merupakan kelompok mayoritas yang memiliki kekuatan yang lebih besar dari yang lain, termasuk dalam masyarakat majemuk….
a. fragmentasi
b. segmentasi
c. dengan kompetisi seimbang
d. dengan mayoritas dominan
e. dengan minoritas dominan
4. Himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama disebut ….
a. kelompok sosial d. tertib sosial
a. sistem sosial e. nilai sosial
b. norma sosial
5. Menurut Soerjono Soekanto, yang bukan kriteria kelompok sosial yaitu ….
a. bagian dari kelompok
b. hubungan timbal balik
c. ada faktor yang dimiliki bersama
d. bersistem dan berproses
e. bermetode
6. Di bawah ini yang termasuk subras Negroid yaitu….
a. Nordic
b. Negrito
c. Indic
d. Veddoid
e. Mediteranian
7. Penggolongan masyarakat atas dasar jenis kelamin bersifat ….
a. terbuka d. sekunder
b. tertutup e. pokok
c. primer
8. Adanya kelompok masyarakat, seperti PNS, TNI, pengusaha, pedagang, buruh, petani, dan pengrajin merupakan pengelompokan masyarakat atas dasar ….
a. penghasilan d. profesi
b. pendidikan e. minat
c. tempat kerja

9. Suatu kelompok kekerabatan yang terdiri atas satu nenek moyang yang diperhitungkan melalui satu garis keturunan sejenis matrilineal atau patrilineal disebut ….
a. klan kecil d. patrilineal
b. klan besar e. marga
c. multikultural
10. Perhatikan ciri-ciri fisik berikut!
1. mata sipit
2. kulit putih
3. rambut pirang
4. bibir tebal
5. hidung mancung

Yang merupakan ciri-ciri ras kaukasoid adalah nomor ….
a. 1, 2, 3 d. 1, 3, 5
b. 2, 3, 4 e. 2, 3, 5
c. 3, 4, 5

11. Dalam masyarakat majemuk sering dijumpai keanggotaan rangkap dalam berbagai kelompok sosial. Perbedaan agama disatukan oleh kesamaan asal daerah dan seterusnya. Fakta ini dapat mempermudah terjadinya ….
a. koordinasi d. rekonsiliasi
b. akomodasi e. konsolidasi
c. integrasi

12. Pengaruh kemajemukan masyarakat terhadap kehidupan sosial adalah terjadinya dua proses penting yaitu ….
a. konflik dan integrasi
b. integrasi dan dan interseksi
c. konflik dan interseksi
d. integrasi dan solidaritas
e. persatuan dan solidaritas

13. Bangsa Indonesia merupakan masyarakat multikultural yang terdiri atas sekitar 656 suku bangsa, 360 bahasa lokal serta berbagai wujud budaya lainnya. Faktor utama yang menjadi sumber terjadinya kemajemukan masyarakat Indonesia tersebut adalah ….
a. nenek moyang Indonesia berasal dari berbagai daerah
b. bangsa Indonesia dibagun dari berbagai macam ras
c. letak Negara Indonesia yang sangat strategis
d. adanya pengaruh budaya asing yang masuk
e. keadaan geografi Indonesia yang berbeda

14. Kerusuhan antarsuporter dalam kejuaraan sepak bola merupakan contoh negatif perilaku masyarakat multikultural yang didasari ….
a. materialisme d. nasionalisme
b. fanatisme e. hedonisme
c. rasialisme

15. Kemajemukan masyarakat Indonesia berdasarkan jenis agama ditandai dengan keanekaragaman dalam hal cara beribadah berdasarkan ….
a. asal usul agama
b. para penyebar agama
c. ajaran dalam kitab suci
d. para tokoh agama
e. tempat ibadahnya

16. Masyarakat yang majemuk, yang terdiri atas berbagai suku bangsa mempunyai kecenderungan rawan konflik, karena adanya potensi terjadinya pertentangan dalam ….
a. tradisi budaya
b. sistem kekerabatan
c. bahasa daerah
d. pandangan hidup
e. kesenian daerah

17. Dalam masyarakat multikultural terdapat kelompok suku bangsa Sunda, Jawa, Batak, dan sebagainya. Penggolongan masyarakat tersebut didasarkan ciri-ciri ….
a. wilayah d. kekuasaan
b. kebudayaan e. kekayaan
c. kelas sosial

18. Indonesia terdiri atas berbagai suku, antara lain Batak, Minang, Asmat, Ambon, Bugis, Dayak, dan lain-lain. Tiap-tiap suku memiliki ciri khas dalam aspek ….
a. bahasa, kesenian, dan tradisi
b. keturunan, budaya, dan ideologi
c. budaya, kebangsaan, dan ciri fisik
d. warna kulit, tradisi, dan mata pencaharian
e. tradisi, keturunan, dan teknologi produksi
19. Sebagian besar orang Indonesia termasuk dalam ras ….
a. Kaukasoid d. Australoid
b. Negroid e. Melanesoid
c. Mongoloid
20. Pengurus partai A berasal dari berbagai macam suku bangsa, agama, dan profesi. Di antara pengurus terjalin komunikasi dan interaksi untuk kemajuan partai walaupun mereka memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Hal tersebut merupakan contoh ….
a. consolidated social structure
b. intersected social structure
c. cross cutting loyalities
d. primordialisme
e. etnosentrisme

21. Kemajemukan masyarakat Indonesia berpotensi terhadap munculnya konflik horizontal yang keras, jika dalam setiap kelompok terjadi proses….
a. toleransi d. intervensi
b. integrasi e. konsolidasi
c. degradasi

22. Perkawinan silang antaretnis dapat mengurangi perbedaan sosial budaya dan menghasilkan bentuk struktur sosial ….
a. interseksi d. integrasi
b. sosialisasi e. kontraversi
c. interaksi

23. Perhatikan tabel berikut!
Nama Suku Bangsa Organisasi
Hamid Betawi ICMI
Sholih Minang LIPI
Azzam Sunda YLKI
Ahmad Jawa LIPI
Proses interseksi dialami oleh ….
a. Hamid dan Sholih d. Sholih dan Yusuf
b. Sholih dan Ahmad e.Hamid dan Ahmad
c. Yusuf dan Ahmad

24. Gambaran tentang terjadinya proses memperkuat hubungan, persatuan, atau tumpang tindihnya keanggotaan warga masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial tertentu merupakan pengertian dari ….
a. konsolidasi d. interseksi
b. asimilasi e. etnosentrisme
c. integrasi
25. Beberapa agama diakui oleh pemerintah Indonesia secara resmi dan dijamin keberadaanya. Kemajemukan atau keberagaman tersebut dapat menjadi sumber munculnya perilaku primordial dalam bentuk ….
a. kebebasan d. hedonisme
b. stereotip e. separatisme
c. fanatisme
26. Dampak negatif primordialisme, yaitu ….
a. meneguhkan cinta tanah air
b. menghambat proses asimilasi dan integrasi
c. mempertinggi kesetiaan terhadap bangsa
d. menambah semangat patriotisme
e. menjaga keutuhan budaya

27. Sikap menilai kebudayaan lain menggunakan kebudayaan sendiri merupakan pengertian dari….
a. konsolidasi d. integrasi
b. interseksi e. etnosentrisme
c. primordialisme
28. Dampak negatif etnosentrisme, yaitu ….
a. meneguhkan cinta tanah air
b. kesetiaan terhadap bangsa
c. menjaga keutuhan budaya
d. menambah semangat patriotisme
e. menghambat proses asimilasi kelompok yang berbeda
29. Politik aliran yang berkembang di Indonesia diwujudkan dengan banyaknya partai politik. Dampak positif yang timbul dari sistem politik tersebut adalah ….
a. adanya sikap saling curiga
b. beragam saluran aspirasi
c. kehidupan yang harmonis
d. timbulnya dominasi mayoritas
e. diskriminasi dalam masyarakat

30. Pengertian integrasi sosial adalah ….
a. perpindahan status sosial
b. pembedaan anggota masyarakat secara vertikal
c. penguatan keanggotaan masyarakat
d. persilangan keanggotaan masyarakat
e. bersatunya berbagai unsur dalam masyarakat

Untuk nomor 31-34, perhatikan pernyataan berikut!
1) Adanya kesadaran diri untuk menjadi bagian yang utuh
2) Adanya usaha untuk mengurangi perbedaan
3) Adanya lembaga atau organisasi sebagai wadah
4) Adanya kerja sama
5) Adanya perpindahan fisik

31. Bentuk integrasi sosial dilihat dari aspek proses ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 c. 3 e. 5
b. 2 d. 4

32. Bentuk integrasi sosial dilihat dari aspek hubungan sosial ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 c. 3 e. 5
b. 2 d. 4

33. Bentuk integrasi sosial dilihat dari aspek fisik ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 c. 3 e. 5
b. 2 d. 4

34. Bentuk integrasi sosial dilihat dari aspek psikis ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 c. 3 e. 5
b. 2 d. 4

35. Di bawah ini syarat berhasilnya integrasi sosial menurut Meyer Nimkoff dan William F. Ogburn, kecuali ….
a. tiap warga masyarakat merasa dapat saling mengisi kebutuhan antara satu dengan yang lainnya
b. tercapai konsensus mengenai nilai-nilai dan norma sosial
c. norma-norma berlaku cukup lama
d. sebagian besar warga masyarakat bersepakat mengenai batas-batas teritorial negara
e. norma-norma berlaku konsisten
36. Fase-fase integrasi secara beurutan yang benar adalah ….
a. akomodasi, koordinasi, kerja sama, asimilasi
b. akomodasi, kerja sama, koordinasi, asimilasi
c. kerja sama, akomodasi, koordinasi, asimilasi
d. kerja sama, koordinasi, akomodasi, asimilasi
e. asimilasi, kerja sama, koordinasi, akomodasi

37. Salah satu faktor internal pendorong integrasi sosial adalah ….
a. kesadaran diri sebagai makhluk sosial
b. persamaan kebudayaan
c. sikap menghargai atau toleransi
d. adanya konsensus nilai-nilai
e. adanya tantangan dari luar

38. Di bawah ini adalah faktor eksternal pendorong integrasi sosial, kecuali ….
a. tuntutan perkembangan zaman
b. persamaan kebudayaan
c. terbukanya kesempatan untuk berpartisipasi dalam kehidupan bersama
d. jiwa dan semangat gotong royong
e. persamaan visi, misi, dan tujuan

39. Terbentuknya negara Indonesia merupakan bentuk integrasi dalam aspek ….
a. proses d. fisik
b. kegiatan e. hubungan sosial
c. psikis

40. Aktivitas gotong royong merupakan bentuk integrasi dalam aspek ….
a. proses d. fisik
b. lembaga e. hubungan sosial
c. psikis

KUNCI JAWAB 20

11. C
12. A
13. E
14. B
15. C
16. A
17. B
18. A
19. C
20. B
21. E
22. A
23. B
24. A
25. C
26. B
27. E
28. E
29. B
30. E

update soal ujian

<script src=”http://feeds.feedburner.com/banksoal?format=sigpro&#8221; type=”text/javascript” ></script>

About these ads

Tentang MOH KUSNARTO

Pendidikan S-1 sejarah UNESA SMA Negeri 1 Sampang SMP Negeri 1 Sampang SD Negeri Gunung Sekar 1 Sampang TK Brawijaya (804) Sampang sekarang TK Kartika Lahir : Sampang, 08-12-1976 Unit Tugas : SMA Negeri Torjun Jabatan : Guru Alamat : JL. KH. Wahid Hasyim No.09 Sampang
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.